Selasa, 24 Januari 2012

Story Of KODAK

 
Kalau liat gambar di atas saya serasa terbawa masa lalu ya sekitar 15-16 thn yang lalu, hampir semua orang yang saya tau kalau ingin memotret pemandangan, orang atau apapun pasti mereka menyebut kamera yang dibawa dengan sebutan KODAK, padahal belum tentu yang mereka bawa adalah kamera bermerek KODAK, hehehe :p :p
Baru-baru ini perusahaan yang memiliki semboyan  "you press the button, we do the rest,"  "Anda Menekan Tombol, Kami Melakukan Sisanya" menyatakan bahwa perusahaannya telah mengalami kebangkrutan. sangat disayangkan perusahaan terbesar dan terlama mengenai kamera manual pertama di dunia, kamera yang mudah dibawa pada saat itu harus mengalami kebangkrutan.


SEJARAH KODAK :


1. Tokoh dibalik KODAK
George Eastman
12 Juli 1854 - 14 Maret 1932
Berbicara kodak pastilah kita harus berbicara Mr. George Eastman, seperti halnya berbicara Apple pasti berbicara Steve Jobs, seperti dikutip pada website resmi kodak, Mr Eastman lahir dari pasangan Maria Kilbourn dan George Washington Eastman pada tangal 12 July 1854 di desa Waterville, sekitar 20 mil barat daya dari Utica, di New York


Ketika George berusia 5 thn ayahnya memindahkan keluarganya ke Rochester, disana ayah George mendirikan sekolah komersil bernama '"Eastman Commercial College" , kejadian buruk datang, ayah George meninggal, sekolahan yang didirikan mengalami kebangkrutan dan akhirnya tutup, keluarganya mengalami kesulitan Ekonomi.

George menyelesaikan sekolahnya hanya sampai usia 14 thn, bukan karena dia tidak mampu tapi karena keluarganya tidak dapat membiayai sekolahnya. George tinggal dengan ibunya yang janda dan kedua adik perempuannya. Akhirnya dia memutuskan untuk bekarier, karier pertama yang dilakukan adalah menjadi Office Boy di perusahaan Asuransi, kemudian karier selanjutnya adalah menjadi pegawai di sebuah Bank lokal.

2. KODAK ditemukan
Pada jaman George thn 1800an apabila ingin mengambil foto maka, alat (kamera) yang harus dibawa sangatlah besar dan berat. Suatu hari George (24 thn) dan teman2 kantornya ingin pergi berlibur ke santo domingo, kemudian salah satu temannya menyuruhnya untuk membawa kamera klasik tersebut. 


Kamera tersebut beratnya sama dengan berat Microwave dan memiliki tripod yang sangat besar dan berat.selain itu dia harus membawa alat pendukung tersebut seperti tenda. plat kaca, bahan kimia, semuanya dia yang harus membawa. dia berfikir bagaimana caranya mengambil foto hanya dengan uang $ 5.


George bukannya senang akan perjalanannya tetapi justru dia menjadi benar-benar tenggelam dalam fotografi dan berusaha untuk menyederhanakan proses yang rumit. Dia membaca salah satu harian inggris dan melihat ada seorang fotografer yang membuat emulsi gelatin sendiri. Pelat dilapisi dengan emulsi ini tetap sensitif setelah mereka kering dandapat terpapar di waktu luang. Menggunakan formula yang diambil dari salah satujurnal Inggris, George mulai membuat emulsi gelatin.


ketika pagi hari dia bekerja di Bank sedangkan malam harinya dia gunakan untuk membuat emulsi tersebut di dapur ibunya, sampai2 dia tertidur di dapur hanya menggunakan selimut. 
selama tiga tahun percobaannya akhirnya George bisa menyelesaikan formula tersebut pada tahun 1880 dan mematenkan ciptaannya, dan kemudian menjualnya secara bebas.

3. Berdirinya Perusahaan
pada april 1880 George Eastman menyewa gedung tiga lantai di jalan pusat kota Rochester, dan memproduksi plat gelatin tersebut dan dijual dengan harga $125. Di awal perusahaan itu bediri mengalami keruntuhan,oleh beberapa orang yang mengkhianatinya.


tapi karena itu lah Eastman berfikir jauh yaitu membuat sesuatu yang lebih baik lagi "bahwa apa yang kita lakukan adalah tidak hanya pembuatan pelat kering, tetapi bahwa kita mulai memikirkan untuk membuat fotografi yang dapat digunakan sehari-hari." Atau saat dia menjelaskan lebih ringkas "untuk membuat kamera nyaman seperti pensil."


George Eastman membuat percobaan baru yaitu tidak menggunak Plat sebagai dudukannya tapi menggantinya dengan kertas yang digulung (berupa Roll) karena itu akan lebih mudah dan fleksible.tahun 1885 Eastman berhasil dengan rancangannya.

Dan produk dengan dudukan Roll secara tiba-tiba mengalami kesuksesan. tapi karena Roll tersebut berupa kertas maka hasil yg didapat ttidaklah memuaskan, maka Eastman mencari solusi yaitu  melapisi kertas dengan lapisan polos, gelatin larut, dan kemudian dengan lapisan larut gelatin yang sensitif terhadap cahaya. Setelah terjadi eksposur dan pengembangan, bantalan gelatin itu dilucuti dari kertas, dipindahkan kelembar gelatin yang jelas, dan dipernis dengan selulosa Colodin yang membentuk sebuah film yang tangguh dan fleksibel.


4. Asal Nama KODAK
ketika ditanya apa maksud dari kata KODAK itu sendiri, Eastman menjelaskan : "Saya menemukan nama itu karena Huruf 'K' telah menjadi favorit saya - tampaknya semacam, yang kuat tajam. huruf Ini menjadi sebuah pertanyaan mengenai sejumlah besar kombinasi huruf yang membuat kata-kata.. dimulai dan diakhiri dengan 'K.' Kata 'Kodak' adalah hasilnya. Khas dari perdagangan Kodak yaitu baju kuning,itulah yang Eastman pilih . secara luas dikenal di seluruh dunia dan merupakan salah satu aset perusahaan yang sangat dihagai.

5. KODAK on SPACE Exploration
Kodak bekerja sama dengan NASA dibidang Space dan Pengindraan Jauh, yaitu ketika John Glen manusia pertama yang mengorbit bumi film kodak mencatat reaksi untuk perjalanan melalui ruang angkasa setiap 17.400 mil per jam. 
Sejarah mencatat ada beberapa momen Space yang kodak abadikan :
  • Pada pertengahan 60an, NASA meluncurkan serangkaian lima pesawat ruang angkasa Lunar Orbiter yang secara kolektif memfoto 99% dari permukaan bulan dalam persiapan untuk pendaratan bulan Apollo. Masing-masing membawa sebuah sistem fotografi yang cerdas, dirancang dan dibangun oleh Kodak.
arth-rise captured by Kodak's lunar module camera, 1966. 
  • Teknologi kodakpun digunakan untuk misi Apollo 11, dengan Astronot pertama yang berjalan dibulan. KODAK merancang sebuah kamera yang bisa digunakan astronot untuk membidik objek secara Close-Up ekstrim dari batuan, debu, dan fitur permukaan bulan.
  • Sensor dengan resolusi tinggi yang dihadirkan KODAK dinamakan "EYES" of Sourjouner Rover yang berpergian ke Mars pada tahun 1997.
NASA's Pathfinder's surface rover
Kodak image sensors gave sight to Mars Rover.

KENAPA KODAK MENYATAKAN DIRINYA BANGKRUT???

Awal tahun ini tepatnya tanggal 19 January 2012, semua orang dihebohkan dengan pernyataan bahwa Eastman Kodak Co. telah mengalami kebangkrutan. Banyak media yang menulis dan meliput kebangkrutan Kodak. salah satu yang menyebabkan KODAK bengkrut adalah Kurangnya Riset untuk menghasilkan inovasi yang baru  yang akhirnya KODAK tidak dapat mencium peluang bisnis yang ada dan terlibas dengan perusahaan digital yang lain.

Saya pernah membaca Biografi dari Steve Jobs pendiri Apple dan Bill Gates pendiri MicroSoft, mereka benar-benar gila dalam hal melakukan RISET mereka berani memberikan dana yang besar untuk divisi Riset. Mereka selalu menciptakan Inovasi yang baru tapi selalu berkesinambungan. Ada beberapa media yang menyatakan bahwa KODAK lamban bergerak  walaupun perisetnya yang pertama kali menemukan kamera digital pertama kalinya pada tahun 1975 lagi-lagi mereka lamban dalam hal fotografi digital dan mereka hanya fokus pada pembuatan film saja.


Seorang pengamat penjualan KODAK sejak tahun 2001 Shannon Cross yang dikutip dari telegraph berkata bahwa masalah utama KODAK adalah produk yang dihasilkan tidak mengahasilkan uang. Selama ini perusahaan hanya bertahan dari lisensi properti intelektual.


"Bagi saya itu tak memberi kepastian sekaligus tak masuk akal bahwa lisensi sebagai beberapa potensi tertinggal akan menjadi satu-satunya pegangan perusahaan," ujarnya. "Sangat sedih melihat apa yang terjadi namun juga tak mengejutkan melihat bagaimana perusahaan itu dikelola."


Welll, hemmm selain inovasi yang kurang (bahkan tidak berkembang) yang menyebabkan suatu perusahaan mengalami kebangkrutan disisi lain faktor pengelolan perusahaan tersebut, Bill Gates pernah berkata : "Ambil 1 orang saja yang terbaik dari Microsoft maka perusahaan kami akan hancur" sedangkan pada biografi Steve Jobs karangan Walter Isaacson diceritakan bagaimana APPLE bisa mengalami Collapse hanya karena ada orang yang tidak bisa mengelola perusahaan dengan baik.


Berkaca dari tiga perusahaan yang dibicarakan di atas kalau suatu perusahaan ingin maju dan tidak mengalami kebangkrutan maka harus ada inovasi-inovasi cerdas dan pencarian terhadap orang-orang yang terpercaya dan memiliki kredibilitas untuk mengelola perusahaan. Okey, kita lihat saja perkembangan berikutnya dari KODAK. CEO KODAK saat ini Antonio Perez mungkin akan bertindak lebih jauh untuk membangun KODAK lagi.
Kantor pertama Eastman Kodak Co. 1884

Tidak ada komentar:

Posting Komentar