Minggu, 05 Februari 2012

Part 2-1 : Pasangan Yang Aneh ( Woz)

Jobs dan Woz
Ketika masih mengikuti kursus di tempat Mr. John McCollum, dia bertemu dengan seseorang yang luar biasa dibidang Elektronika, dia adalah Steven Wozzniak. Wozniak juga menyukai Elektronika karena ayahnya yang sering dipanggil Jerry itu adalah lulusan dari Fak Teknik Californian Institute Tech.
Steven Wozniak ditahun 2000an
Woz berkata kalau ayahnya membanggakan bahwa Teknik merupakan ilmu tertinggi dari pada ilmu-ilmu yang lain. Hal yang sangat menyenangkan yaitu ketika Woz ikut ayahnya ketempat kerja disana dia bisa melihat berbagai macam komponen elektronika.Woz banyak bertanya tentang itu.
Ayah Woz mengajarinya satu hal yang sangat-sangat dipegang oleh Woz, yaitu tentang KEJUJURAN " Ayahku tidak pernah berbohong bahkan hingga hari ini" pengecualian jika hanya melakukan lelucon. Dan juga tidak mewariskan sifat ambisi besar kepada Woz,itu lah yang nantinya membedakan antara Woz dan Jobs.
Woz sudah sangat mahir dalam elektronika ketika dia kelas 4 SD, tapi sayangnya dia tidak dengan hub dgn lain Jenis, Woz cenderung tertutup.
Woz menjadi semakin penyendiri ketika dia duduk dikelas 12 SMA, saat anak laki-laki seusianya pergi berkencan atau pergi kepesta, ia lbh memilih merakit sirkuit atau membaca jurna-jurnal elektronika milik ayahnya.

Saat kelas 12 SMA Woz pernah melakukan hal yang sangat gila tapi perbuatan itu justru membuatnya terkesan dan mengenang kejadian tsb. Dimulai ketika kelas musik memiliki alat yang disebut dengan Metronom Elektronika - alat yang berbunyi tik tik tik yang dpt menghentikan iringan musik dalam waktu yang singkat - muncullah ide gila Woz, dia membuat kotak yang berisi 2 buah baterai besar kemudian merekatkannya lalu dimasukkan dalam loker sekolah lalu dia memasangkan Tali agar loker dibuka akan menghasilkan bunyi tik yang cepat, kepala sekolahnya pak Bryld, membawa kotak tersebut sambil berlari dan mendekap kotak tersebut ke tengah lapangan, saat itu Woz ingin tertawa tetapi dia tahan, akhirnya Woz dikirim ke tempat pusat detensi remaja -Pusat Rehabilitasi anak-anak nakal- .
Salah satu tempat di Colorado University

Woz sempat kuliah di Colorado,awalnya sang ayah melarangnya karena masalah biaya waktu itu, tapi mereka berdua "boleh dikatakan"membuat kesepakatan, woz boleh kuliah disana tapi hanya 1 tahun stelah itu dia akan berkuliah di De Anza University.

di De Anza, Woz cuti akademik untuk mencari uang, dia mendapatkan pekerjaan dari temannya di sebuah perusahaan yang memproduksi komputer untuk sepeda motor. Pria tersebut memberinya beberapa Chip untuk dirakit menjadi sebuah komputer. Woz benar-benar membuat komputer tetapi dengan menggunakan Chip sedikit mungkin,salah satu alasannya karena tidak ada biaya. Komputer terssebut dimelakukan di Garasi teman Woz yaitu Bill Fernandez yang masih sekolah di HomeStead.

Jangan berpikir kalau komputer yang diciptakan Woz pada tahun itu yaitu komputer yang selalu kita pakai dirumah atau dimanapun,bukan itu, komputer yang dibuat Woz seperti kalkulator besar yang mampu mengkalkulasikan atau mengkalikan bilangan yang dimasukkan menggunakan serangkaian tombol dan menghasilkan bilangan biner dengan cahaya kecil.
Fernandez mengenalkan Woz kepada Jobs, pertemuan tersebut merupakan hal yang paling penting sejak 32 tahun setelah Bill Hewlett menciptakan alat di garasi mobil mewah milik Packard.
dua Steve itu pun bertemu dan saling menyukai satu sama lain, mereka berdua sama-sama menyukai elektronika dan juga musik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar